Hari Ini

Contoh Paragraf Induktif - Kalimat Paragraf Induktif Lengkap

Update Friday, July 5, 2013 at 5:41 AM . Dalam topik Contoh Surat , Pendidikan
Setelah pada postingan sebelumnya kami membahas tentang Contoh Paragraf Deduktif - Karangan Paragraf Deduktif Lengkap, kali ini kami akan membahas tentang contoh paragraf induktif untuk kepentingan akademis yang sedang anda tempuh, ataupun kepentingan lain di luar akademis. paragraf deduktif induktif memang saling berhubungan satu sama lain, dan memiliki tingakat kepentingan yang sama dalam kebutuhan akademis terutama untuk jurusan Bahasa Indonesia.

Contoh Paragraf Induktif - Kalimat Paragraf Induktif Lengkap
Contoh Paragraf Induktif - Kalimat Paragraf Induktif Lengkap


Berikut Contoh paragraf induktif yang berhasil kami rangkum.

Contoh 1
Pada era persaingan dunia kerja yg semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yg menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yg lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yg tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.
Contoh 2
Dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami masih menikmati panorama yg masih perawan. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yg dikelilingi bukit-bukit yg menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam Minangkabau yg belum terjamah tangan-tangan jahil ini.
Paragraf induktif analogi contoh
Contoh 3
Panas atau demam yg tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yg menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.
Contoh 4
Pada era kita sekarang ini, teknologi seakan terus berkembang semakin cepat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yg sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukanagar kita tidak tertinggal di era global ini.


Contoh 5
Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yg berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yg semakin keras. Pendidikan yg tepat bagi anak sebenarnya tidak harus sealu dengan mengirimkan mereka ke sekolah faforit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yg sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yg sesuai dengan sang anak.
Kunjungi juga artikel penting lain untuk menunjang kebutuhan akademis cara membuat makalah
Itulah beberapa contoh kalimat paragraf induktif yang berhasil kami rangkum untuk anda. Semoga contoh di atas bisa menjadi gambaran dan bisa juga dijadikan sebagai bahan referensi untuk anda dalam proses pembuatan paragraf induktif.