Hari Ini

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Update Wednesday, July 24, 2013 at 3:01 AM . Dalam topik Kesehatan


Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan - Ada banyak hal yang bisa kita dapat dari jeruk nipis terutama untuk kesehatan. Beberapa manfaat jeruk nipis salah satunya adalah untuk membuat kulit menjadi putih dan halus sehingga anda akan selalu tampak segar. Sebagian orang terutama kaum wanita tentu selalu ingin memiliki kulit putih mulus dan bersih untuk tetap menjaga penampilan. Selain itu kulit yang bersih bisa meningkatkan kepercayaan diri saat bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang sekitar.  Jeruk nipis atau dalam bahasa ilmiahnya Citrus Aurantium terbukti memberi banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam ramuan herbal dan tradisional kecantikan di Indonesia. Hampir semua merk kecantikan yang telah diproduksi selalu menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahan dasarnya. Hal ini dikarenakan jerus nipis memang memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Beberapa unsur yang terkandung dalam jeruk nipis diantaranya mineral, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan asam askorbat. 

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat jeruk nipis yang lain adalah  sebagai sistem penjaga kekebalan tubuh karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi. Kandungan asam sitrat, asam amino, dan sam sitrun semakin melengkapi kekayaan jeruk nipis.  Bagi anda yang punya kebiasaan merokok, rasa asam pada jeruk nipis juga dapat membantu membersihkan nikotin yang membekas pada gigi dan mulut. Di Indonesia sendiri jeruk nipis sering digunakan sebagai obat tradsional untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti sembelit, ambeien, disentri, batuk, suara serak, flu, demam, amandel, jerawat,mimisan, bau badan, ketombe, vertigo, radang hidung, haid tak teratur, menambah nafsu makan, dan masih banyak yang lainnya. Kandungan sitrat pada jeruk nipis juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya batu ginjal. Penderita batu ginjal pada umumnya memiliki kadar asam sitrat yang rendah, sehingga jeruk nipis dapat berfungsi menghancurkan batu ginjal secara perlahan.

Adapun beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, diantaranya : 


1. Meningkatkan pencernaan Anda
Gabungan air hangat dengan air jeruk nipis sangat baik untuk pencernaan, merangsang dan mengaktifkan seluruh proses, sehingga membantu anda agar tetap sehat dan aktif.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa jeruk nipis banyak mengandung Vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, vitamn C yang dapat menawarkan
perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan
tubuh yang fit, tubuh anda akan terlindungi dari infeksi dan serangan
penyakit.

3. Mengobati sembelit
Jeruk nipis dapat menyingkirkan sembelit dan masalah gastro lainnya. Jeruk nipis hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan
dengan sembelit.

4. Menurunkan berat badan
Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga mengandung serat dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan berat badan.
 
5. Hidrat sistem anda
Minum air hangat dengan jeruk nipis memastikan sistem Anda tetap terhidrasi.


 6. Agen pembersih alami
Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi didalam tubuh anda, sehingga membuat anda lebih sehat dan segar.
 
7. Mempercantik Kulit tubuh dan wajah
Efek dari menghilangkan racun dalam tubuh juga dapat membuat kulit menjadi tampak terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membuat anda terlihat tampak lebih muda dari usia sebenarnya.
 
8. Melawan Penuaan Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan dikulit muka akibat penuaan dini.


9. Meringankan BatukJeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati atau meringankan batuk.

10. Mengobati Panas Dalam dan Sariawan
Kandungan Vitamin C dalam Jeruk Nipis yang tinggi sangat baik dan bisa mengurangi gejala Panasdalam dan Sariawan

Dengan berbagai macam manfaat dan khasiat jeruk nipis yang terbukti efektif tersebut, sudah saatnya anda mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur guna terhindar dari berbagai penyakit dan membuat kulit anda selalu tampak bening.